Manfaat Alat Elektronik
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Manfaat Alat Elektronik Untuk Pebelajaran
Manfaat elektronik untuk pembelajaran, diantaranya adalah:
1. Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
2. Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru (interactivity enhancement).
3. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience).
4. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
Manfaat elektronik untuk pembelajaran juga dapat dilihat dari 2 sudut pandang :
1)Manfaat bagi siswa
2)Manfaat bagi pengajar
Pengalaman negara lain dan juga pengalaman distance learning di
Indonesia ternyata menunjukkan sukses yang signifikan, antara lain:
(a) mampu meningkatkan pemerataan pendidikan;
(b) mengurangi angka putus sekolah atau putus kuliah
(c) meningkatkan prestasi belajar
(d) meningkatkan kehadiran siswa di kelas
(e) meningkatkan rasa percaya diri
(f) meningkatkan wawasan (outward looking)
(g) mengatasi kekurangan tenaga pendidikan
(h) meningkatkan efisiensi
Keuntungan menggunakan alat elektronika dalam pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut:
• Menghemat waktu proses belajar mengajar
• Mengurangi biaya perjalanan
• Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)
• Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
• Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
1. Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
2. Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru (interactivity enhancement).
3. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience).
4. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
Manfaat elektronik untuk pembelajaran juga dapat dilihat dari 2 sudut pandang :
1)Manfaat bagi siswa
Dengan adanya alat elektronika dalam pembelajaran dimungkinkan
berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat
mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu
kita juga dapat berkomunikasi dengan guru setiap saat, misalnya melalui
chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara
elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat
melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana
saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru
begitu selesai dikerjakan.
2)Manfaat bagi pengajar
Dengan adanya alat elektronika dalam pembelajaran diperoleh
manfaat oleh guru antara lain adalah bahwa guru akan lebih mudah
melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan
tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien
mengontrol kegiatan belajar siswanya.
(a) mampu meningkatkan pemerataan pendidikan;
(b) mengurangi angka putus sekolah atau putus kuliah
(c) meningkatkan prestasi belajar
(d) meningkatkan kehadiran siswa di kelas
(e) meningkatkan rasa percaya diri
(f) meningkatkan wawasan (outward looking)
(g) mengatasi kekurangan tenaga pendidikan
(h) meningkatkan efisiensi
Keuntungan menggunakan alat elektronika dalam pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut:
• Menghemat waktu proses belajar mengajar
• Mengurangi biaya perjalanan
• Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)
• Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
• Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
Alat elektronika dalam pembelajaran mempermudah interaksi antara
peserta didik dengan bahan atau materi pelajaran. Demikian juga
interaksi antara peserta didik dengan guru maupun antara sesama peserta
didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat
mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan
pengembangan diri peserta didik. Guru dapat menempatkan bahan-bahan
belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di
tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta didik.
Sesuai dengan kebutuhan, guru dapat pula memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengakses bahan belajar tertentu maupun soal-soal
ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam
rentangan waktu tertentu pula
Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan
guru atau instruktur (enhance interactivity). Apabila dirancang secara
cermat, pembelajaran elektronik dapat meningkatkan kadar interaksi
pembelajaran, baik antara peserta didik dengan guru/instruktur, antara
sesama peserta didik, maupun antara peserta didik dengan bahan belajar.
Berbeda halnya dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Tidak
semua peserta didik dalam kegiatan pembelajaran konvensional dapat
berani atau mempunyai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan ataupun
menyampaikan pendapatnya di dalam diskusi. Karena pada pembelajaran yang
bersifat konvensional, kesempatan yang ada atau yang disediakan guru
untuk berdiskusi atau bertanya jawab sangat terbatas. Biasanya
kesempatan yang terbatas ini juga cenderung didominasi oleh beberapa
peserta didik yang cepat tanggap dan berani. Keadaan yang demikian ini
tidak akan terjadi pada pembelajaran elektronik. Peserta didik yang malu
maupun yang ragu-ragu atau kurang berani mempunyai peluang yang luas
untuk mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan pernyataan/pendapat
tanpa merasa diawasi atau mendapat tekanan dari teman sekelas.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar